Teks Sumpah Pemuda

Teks Sumpah Pemuda

Kali ini kita akan bahas bunyi sumpah pemuda. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Ikrar sumpah pemuda ini merupakan semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.
Ikrar ini awalnya adalah secarik kertas yang dibacakan oleh Soegondo Djojopespito hingga kemudian dijelaskan secara panjang lebar oleh Moehammad Yamin. Sumpah Pemuda dihasilkan dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda Kedua tersebut dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia).


Istilah Sumpah Pemuda sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Teks Sumpah Pemuda menegaskan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Imndonesia.
Sumpah Pemuda yang asli dan otentik yang muncul dari tiga keputusan kongres sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Meseum Sumpah Pemuda dan ditulis menggunakan ejaan Van Ophuysen.

Teks Sumpah Pemuda Asli

Soempah Pemoeda
Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesian, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe , bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia, menjoenjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Teks Sumpah Pemuda Ejaan Baru

Sumpah Pemuda
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbaang yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Demikian pembahasan mengenai isi teks sumpah pemuda, hari sumpah pemuda selalu diperingati tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengetahuan bagi kita semua sebagai bangsa Indonesia.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Teks Sumpah Pemuda"

Posting Komentar